PERSIAPAN:

  1. PC  yang terinstal mikrotik /vmware yang sudah terinstal mikrotik
  2. Winbox yang sudah terdownload

LANGKAH-LANGKAHNYA

  • Jalankan winbox sampai keluar demikian:

  • Klik IP-DHCP Server (yang diwarna kuning)

  • Akan muncul demikian:

Klik pada tombol setup (yang diwarna kuning)

  • Akan muncul:

Karena yang akan kita sebarkan adalah IP ether 2 (yang mengarah ke klien) maka pada dropdown DHCP Server Interface pilih ether2, kemudian klik next;

  •  Akan muncul:

Karena IP ether2 adalah 192.168.200.1 maka jaringannya adalah 192.168.200.0/24 (maksudnya IP tersebut menyebarkan IP mulai dari 192.168.200.0-192.168.200.255 atau yang biasa dikenal dengan network-broadcast). Kemudian klik next

  • Akan muncul:

Kemudian klik next

  • Akan muncul:

DNS diisikan teserah tapi jika menggunakan ADSL berikan DNS yang sama seperti ADSL atau jika dari ISP berikan DNS yang diberi ISP. Klik next

  • Akan muncul:

Klik next

  • Jika sudah selesai akan muncul pesan bahwa setingan kita sukses dan selanjutnya tampil dhcp server kita:

Dhcp1 diatas adalah setingan dhcp server yang kita seting tadi

TEST DHCP SERVER

Saya menggunakan kliennya adalah ubuntu 11.10 dekstop

pada tulisan saya yang seting dhcp server di linux ubuntu sudah saya jelaskan langkah-langkah testingnya, jadi langsung saya perlihatkan setingan ip dynamic yang diterima klien

Gambar diatas menandakan ubuntu saya mendapatkan ip secara otomatis dengan alamat 192.168.200.253

Demikian seting dhcp server di mikrotik.selamat mencoba, semoga bermanfaat….

 ==practice make better==