man adalah perintah untuk menampilkan manual dari suatu perintah. Cara untuk menggunakannya adalah dengan mengetikkan mandiikuti dengan perintah yang ingin kita ketahui manual pemakaiannya.

Contoh:

            KangPhery:~$ man ls

Perintah di atas digunakan untuk menampilkan bagaimana cara penggunaan perintah ls secara lengkap.

adduser digunakan untuk menambahkan user.Biasanya hanya dilakukan oleh root untuk menambahkan user atau account yg baru. Setelah perintah ini bisa dilanjutkan dengan perintah passwd, yaitu perintah untuk membuat password bagi user tersebut.

Contoh:

KangPhery:~#adduser very

 Perhatikan bahwa semua perintah yang membutuhkan akses root, di sini saya tulis dengan dengan menggunakan tanda #, untuk memudahkan Anda membedakannya dengan perintah yang tidak perlu akses root. Jika Anda menjalankan perintah adduser, Anda akan diminta memasukkan password untuk user yang Anda buat. Isikan password untuk user baru tersebut dua kali dengan kata yang sama

alias Digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Alias digunakan untuk memudahkan agar tidak harus mengetikkan perintah yang panjang, tapi cukup aliasnya saja.Misalnya bila Anda ingin perintah ls dapat juga dijalankan dengan mengetikkan perintah dir, maka buatlah aliasnya sbb:

KangPhery:~$ alias dir=ls

Untuk melihat perintah-perintah apa saja yang mempunyai nama lain saat itu, cukup ketikkan alias saja (tanpa argumen).

apt-get install adalah untuk menginstall aplikasi di linux, sebagian keluarga linux yang menggunakan adalah debian dan turunannya. Contoh untuk menginstall aplikasi apache:

 KangPhery:~#apt-get install apache2

 

apt-cache adalah untuk mencari aplikasi yang telah didownload oleh apt-get

KangPhery:~#apt-cache search apache2

apt-get update Untuk mengecek pembaruan dari aplikasi yang terinstall di linux.

 KangPhery:~#apt-get update

 

apt-get upgrade Untuk memperbarui aplikasi di linux, biasanya digunakan setelah apt-get update.

 KangPhery:~#apt-get upgrade

 

cat untuk menampilkan isi dari sebuah file di layar. Missal kita menampilkan file yang berada di direktori home dibawah user very Contoh:

KangPhery:~$cat /home/very/coba.txt

 

cd adalah untuk membuka folder atau direktori tertentu. Missal kita hendak membuka direktori very yang berada di bawah direktori home. Contoh:

 KangPhery:~$cd /home/very

 

cd .. adalah untuk menutup direktori yang dibuka menggunakan perintah cd tadi dan ingin menuju direktori diatasnya. Contoh :

 KangPhery:~/home/very$cd ..

 Perhatikan setelah cd spasi barulah “..”. perintah diatas sebelumnya kita berada di direktori /home/very dan ketika kita ketikan perintah tersebut berarti kita keluar dari direktori /very sehingga sekarang berada di direktori /home.

chmod digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori.

Contoh:

KangPhery:~#chmod 700 coba.txt

 Perintah diatas digunakan untuk merubah ijin akses pada suatu file jika kita menginginkan mengganti ijin akses di direktori very yang berada dibawah direktori home maka perintahnya :

KangPhery:~#chmod 700 /home/very/ -R

 

cp digunakan untuk mengcopy file atau folder. Missal kita hendak mengcopy file yang berada di /home/very/coba.txt menuju /home/ . contoh:

KangPhery:~#cp /home/very/coba.txt   /home/

 Maksud dari perintah diatas bahwa file coba.txt akan dicopy ke direktori /home. Antara /home/very/coba.txt dan /home/ terdapat spasi dalam penulisan perintah ini. Perintah diatas digunakan untuk mengcopy file sedangkan jika kita hendak mengcopy folder perintahnya adalah:

KangPhery:~#cp  -r   /home/very/    /var/www/

 

gzip  adalah software kompresi zip versi GNU, fungsinya untuk mengkompresi sebuah file. Sintaksnya sangat sederhana, missal kita hendak zip file coba.txt:

 KangPhery:~#gzip coba.txt

 

gunzip adalah kebalikan dari gzip, missal kita hendak extract file yang tadi kita zip yaitu coba.txt.gz, perintahnya:

KangPhery:~#gunzip   coba.txt.gz

 

halt perintah ini hanya bisa dijalankan oleh super useratau Anda harus login sebagai root. Perintah ini untuk memberitahu kernel supaya mematikan sistem atau shutdown. Contoh :

KangPhery:~#halt

 

reboot perintah ini digunakan untuk restart system

 KangPhery:~#reboot

 

hostname adalah untuk menampilkan host atau domain name sistem dan bisa pula digunakan untuk mengesset nama host sistem. Contoh:

KangPhery:~$hostname

 

login untuk masuk ke sistem dengan memasukkan login ID atau dapat juga digunakan untuk berpindah dari user satu ke user lainnya. Missal dari user root akan berpindah ke user kangphery. Contoh:

 KangPhery:~#login

 Setelah kita ketikan perintah diatas maka kita diminta untuk login sebagai siapa (missal sebagai kangphery setelah itu kita diminta memasukan passwordnya) maka kita seketika berada pada user kangphery. Perintah diatas harus dijalankan dalam kondisi root.

Logout adalah Untuk keluar dari sistem (kebalikan dari login)

KangPhery:~$logout

 

ls untuk menampilkan isi dari sebuah direktori seperti perintah dir di DOS. Anda dapat menggunakan beberapa option yang disediakan untuk mengatur tampilannya di layar. Bila Anda menjalankan perintah ini tanpa option maka akan ditampilkan seluruh file nonhidden(file tanpa awalan tanda titik) secara alfabet dan secara melebar mengisi kolom layar. Option -la artinya menampilkan seluruh file/all termasuk file hidden(file dengan awalan tanda titik) dengan format panjang

KangPhery:~$ls

 Jika kita ingin menampilkan juga ijin aksesnya bisa digunakan perintah:

KangPhery:~$ls –l

 

mkdir adalah perintah untuk membuat folder atau direktori. Contoh:

KangPhery:~$mkdir very

 

mount perintah ini akan me-mount filesystem ke suatu direktori atau mount-point yang telah ditentukan. Hanya superuser yang bisa menjalankan perintah ini. Untuk melihat filesystem apa saja beserta mount-pointnya saat itu, ketikkan perintah mount. Biasanya perintah ini juga bisa digunakan untuk mount flashdisk pada mode command line di linux.

KangPhery:~#mount

 Sedangkan kebalikan perintah ini adalah umount yang juga bisa digunakan untuk unmount flashdisk atau media lainya.

mv adalah untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Bila argumen yang kedua berupa sebuah direktori maka mv akan memindahkan file ke direktori tersebut. Bila kedua argumen berupa file maka nama file pertama akan menimpa file kedua. Akan terjadi kesalahan bila Anda memasukkan lebih dari dua argumen kecuali argumen terakhir berupa sebuah direktori. Contoh:

KangPhery:~#mv coba.txt

 

nano adalah salah satu editor di linux, seperti halnya notepad di windows. Contoh untuk mengedit suatu file:

KangPhery:~#nano /etc/network/interfaces

 

pico  adalah salah satu editor di linux, seperti halnya notepad di windows. Contoh untuk mengedit suatu file:

KangPhery:~#nano /etc/network/interfaces

Untuk menyimpan hasil edit suatu file dari perintah nano dan pico diatas bisa menggunakan ctrl +x kemudian tekan y dan dilanjutkan enter.

passwd digunakan untuk mengganti password. Anda akan selalu diminta mengisikan password lama dan selanjutnya akan diminta mengisikan password baru sebanyak dua kali. Password sedikitnya terdiri dari enam karakter dan sedikitnya mengandung sebuah karakter.

KangPhery:~#passwd

 

pwd adalah singkatan dari Print working directory yang digunakan  untuk menampilkan nama direktori dimana Anda saat itu sedang berada

KangPhery:~$pwd

 

rm atau remove digunakan untuk menghapus file. Secara default, tidak menghapus direktori. Contoh;

KangPhery:~$rm /home/very/coba.txt

Perintah diatas digunakan untuk menghapus file jika menginginkan menghapus folder yang ada isinya perintahnya adalah:

KangPhery:~$rm  -r  /home/very/

 

rmdir atau remove directory(ies) digunakan menghapus direktori, apabila kosong. Contoh :

KangPhery:~$rmdir   /home/very/

 

su untuk login sementara sebagai user lain. Bila user ID tidak disertakan maka komputer menganggap Anda ingin login sementara sebagai super user atau root. Bila Anda bukan root dan user lain itu memiliki password maka Anda harus memasukkan passwordnya dengan benar. Tapi bila Anda adalah root maka Anda dapat login sebagai user lain tanpa perlu mengetahui password user tersebut.

 KangPhery:~$su

Setelah mengetikan perintah diatas maka kita diminta memasukan password root

sudo su adalah perintah untuk login sebagai super user atau root, bedanya dengan perintah su adalah, bahwa sudo su login ke root menggunakan password dari user biasa. Missal user kita bernama very:

very@KangPhery:~$sudo su

 Setelah mengetikan perintah diatas maka kita diminta memasukan password user very

tar adalah untuk menyimpan dan mengekstrak file dari media seperti tape drive atau hard disk. File arsip tersebut sering disebut sebagai file tar. Sintaknya sebagai berikut:

KangPhery:~$tar  -czvf  namafile.tar.gz  /home/very/*

Perintah diatas digunakan untuk membuat (archive) semua file yang berada di direktori /home/very menjadi namafile.tar.gz.

Jika kita hendak mengextract file yang kita buat diatas perintahnya adalah:

KangPhery:~$tar  -xzvf  namafile.tar.gz

 Keterangan :

c = stdout = menulis pada standar output dan menjaga file sesuai aslinya

z = filter

v = verbose

f = force = percepat overwrite dari output

who untuk menampilkan siapa saja yang sedang login dan aktif / sedang menjalankan program . Perintah ini akan menampilkan informasi mengenai login name, jenis terminal, waktu login dan remote hostname untuk setiap user yang saat itu sedang login. Misalnya:

KangPhery:~$who

 

Demikianlah perintah – perintah dasar  yang ada pada Linux, semoga bermanfaat.

===practice make better===

SELENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI

https://verysetiawan.wordpress.com

KangPhery@gmail.com

http://id.wikibooks.org/wiki/Gnu_(Linux_Untuk_Awam)/Perintah-perintah_dasar